Senin, 16 Maret 2015

MUSIK HINDUSTAN

05.30

Musik Hindustan
Musik Hindustan tumbuh dan berkembang di daerah India, Pakistan, dan Bangladesh. Di negara India, musik hindustan lebih berkembang. Ciri khasnya terletak pada ritme yang ditimbulkan oleh instrumen membranophone yang disebut tabla dan instrumen string yang disebut sitar. Instrumen musik India antara lain :
a. Tabla :
Hasil gambar untuk alat musik tabla
 sepasang drum yang memimpin sitar dan tambura dalam musik India. Pemain tabla memukul bagian tengah kulit pukul dengan jari, sedangkan telapak tangan menekan bidang pukul untuk membuat variasi nada.
b. Sitar : 
Hasil gambar untuk alat musik sitar
gitar klasik India semacam kecapi memiliki 7 senar utama yang terbentang melewati fret logam lengkung. Fret ini memungkinkan pemain untuk mengatur senar dan tangga nada yang membuat bunyi senar meliuk-liuk.
c. Tambura : 
Hasil gambar untuk alat musik tambura
seperti sitar, alat musik ini pengiring gitar dalam musik india yang berbentuk kecapi panjang. Dibalik melodi sitar yang ramai tambura berfungsi sebagai pendengung yang mantap.
d. Sarangi : 
Hasil gambar untuk alat musik sarangi
rebab India. badannya berbentuk bongkahan yang ditegakkan dan dimainkan dengan penggesek. Senar harmoni terbentang diatas lubang dipapan bilah yang lebar.

Keunikan Musik Hindustan terletak pada ritme yang ditimbulkan dari suara alat musik tabla dan sitar.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2013 AULIA LAILY. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top